Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Investasi di Saat Pandemi berikut langkah-langkahnya

 

6 Tips Investasi di Saat Pandemi

Mungkin ga sih investasi disaat pandemic? Ya mungkin aja, asal harus jeli saja dimana melakukan investasi.

Investasi saat pandemi bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bagi kamu yang memiliki dana cukup untuk berinvestasi, maka mulailah!.

investasi saat pandemic memiliki beberapa keuntungan salah satunya karena instrumen lebih murah dan saat dijual nantinya bisa lebih tinggi dibandingkan waktu normal. Lalu bagaimana sih cara tepat melakukan investasi saat pandemi yang bisa dilakukan?

Pilih Investasi yang Aman

Perlu kita ketahui, dalam investasi ada dua hal yang perlu diwaspadai, yakni investasi bodong dan inflasi. berhati-hatilah dengan penawaran atau janji-janji keuntungan yang terlalu bombastis dan risiko yang terlalu kecil. Bisa jadi uang yang kamu investasikan akan lenyap digondol maling berkedok investasi.

Kedua yang harus kamu perhatikan adalah inflasi, inflasi bisa merugikan uang yang kamu miliki bisa berkurang nilainya sehingga investasi yang kamu jalankan bisa saja rugi karena tergerus oleh efek inflasi.



Pilih Investasi Jangka Panjang

Jika kamu berniat untuk investasi maka ambil invstasi yang berjangka panjang. Biasanya investasi jangka panjang tidak berpengaruh pada kondisi saat ini, sebab tujuannya yang bersifat jangka panjang.

Yang perlu diingat saat melakukan investasi jangka panjang adalah hindari menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari dan juga dana darurat, supaya kondisi keuanganmu stabil.

Lakukan Riset Mendalam

Sebelum kamu investasi lakukan lah riset secara mendalam, supaya investasimu tidak jonk.  Pelajari segala hal tentang investasi yang dipilih. Mulai dari mekanismenya, untung-ruginya, kesulitan dan hambatan nya, keunggulan dan kekurangannya, dan lain sebagainya. Setelah itu kamu baru ambil keputusan.



Pelajari Tingkat Risiko dari Investasi yang Dipilih

Sudah bukan rahasia lagi jika setiap hal mengandung resiko, termasuk investasi. Namun sebaiknya pilih risiko yang sesuai dengan kemampuan finansial dan mentalmu. Supaya kamu tidak stres ketika ada masalah. Pastikan kamu benar-benar mencari tahu apa saja risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Jangan sampai karena tergiur dengan berbagai keuntungan yang menarik, malah membuatmu terlena dan lupa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lakukan Monitor Secara Berkala

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan, yakni lakukanlah monitor terhadap peluang investasi yang bisa dilakukan dari hari ke hari. Jangan sampai kamu seperti menanam pohon, asal tancab kemudian kamu tinggalkan begitu saja. Supaya investasimu aman, kamu harus bisa memantaunya setiap saat. Andaikan ada sesuatu yang kurang baik, kamu bisa segera mengatasinya.



Pastinkan uang dan kemampuanmu ada

Tips terakhir yang harus kamu pastikan adalah, uang dan kemampuanmu ada. Jika  kamu tidak punya uang apalagi tidak punya kemampuan, apa yang mau diinvestasikan? Mending kamu investasi tenaga aja, pergi ke sawah lalu mulailah membajak sawah.


 

 Baca juga Cara Ampuh daftar PraKerja dan Kesalahan-kesalahan Fatal yang sering dilakukan berakibat Gagal