Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Netizen Indonesia Rusuh. Disebut Microsoft: Netizen Paling Tidak Sopan

Baru lihat judul berita, kalian mungkin langsung berkata dalam hati, “hmm. Sudah kuduga”. Dengan diiringi rasa kesal, sedih, atau bahkan tertawa lepas, kocak. 

Microsoft baru-baru ini mengeluarkan hasil laporan mereka mengenai tingkat kesopanan netizen atau pengguna internet. Netizen Indonesia dilaporkan Microsoft adalah netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Hmmm, prestasi yang sungguh MEMBAGONGKAN.

Faktanya, di dunia, Indonesia berada di peringkat ke-29 dari total 32 negara yang diteliti Microsoft, hal itu menjadikan Netizen Indonesia berada di posisi terbawah di Asia Tenggara.

Sontak berbagai media di Indonesia memberitakannya. Tidak sedikit Netizen Indonesia membagikan pemberitaan tersebut, termasuk sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam instagramnya.


“NETIZEN PALING TIDAK SOPAN se Asia Tenggara adalah netizen Indonesia. Hasil survey oleh Microsoft.
Banyak membuli dan galak di medsos. Pas ketemu seolah paling sopan dan santun. Atau pas ditangkap karena nyebar hoaks, menangis dan minta maaf tersedu-sedu.
Apalagi kalo membaca kualitas komen-komen di berita-berita online. Level kasarnya luar biasa.
Mari santun dalam interaksi tatapmuka, santun pula dalam interaksi virtual. Kecuali generasi medsos mau mengubah image Indonesia bangsa yang ramah menjadi bangsa yang kasar di dunia. Semoga tidak.
Mari saling memperbaiki diri.” Tulis @Ridwankamil dalam postingannya.

Hanya dalam waktu singkat, postingannya dibanjiri netizen. Ada yang tersinggung, ada yang kesal, sedih, sudah pasti ada yang terhibur.


Berikut ini komentar dari akun bernama @aauliakailash yang merasa baginya ini adalah sebuah prestasi yang tanggung.

“Cuma seasia tenggara? Se dunia kali”

Sontak dibalas @Ridwankamil 

“@aauliakailash Cuma sedunia? Se akherat juga kali”

Netizen semakin menjadi, seperti diberi panggung. 

Ada juga netizen yang menyarankan agar Ridwan Kamil sebagai pemimpin, berharap memikirkan kebutuhan warga sehari-hari. Efek pandemi ya pak! Hehehe

“Pikirin mah swasembada pangan kang,,,” komentar akun bernama @james_riadi457.

Komentar itu dibalas @Ridwankamil

“@james_riadi457 peradaban itu tidak hanya urusan pangan.” SADIEZZZ.

Tidak sedikit yang merasa sedih sekaligus kesal, menyayangkan kenyataan bahwa netizen Indonesia adalah netizen yang paling tidak sopan. Seperti ditulis akun bernama @amingisback.

“BUDAYA MUNAFIQUE DAN BERMUKA 2 DR JAMAN DULU KALA sudah DIBIASAKAN… TAKUT/SEGAN/SUNGKAN DI DEPAN, tp BERANI dan GARANG DIBELAKANG (haisl WARISAN BUDAYA KOLONIAL DAN PENJAJAHAN) … msh ngejual wacana “KITA HARUS MENJUNJUNG BUDAYA TIMUR” Padahal kenyataannya DUNIA BARAT (kadang) KALAH LIBERAL AMA KITA -_-

Terlalu bnyak IRONI DAN SIMULASI KATA2 di mari mah.. PRAKTEKnya ZONK…

Semuanya hanya WACANA, BUAIAN dan KATA2, SEMBOUAN JUGA SPANDUK.. penerapan/IMPLEMENTASInya KOSONG. Emang kt rakyat yg “DIMANJA”FANTASI, KHAYALI dan hal2 PUITIS ,,, Makin menjauhlah utk jadi masyarakat yg NYATA dan berpikir REALISTIS. Lelah hayati” tulis @Amingisback

Komentar @Amingisback pun mendapat banyak balasan, seperti ditulis @itadarno

“@amingisback sy yg baca, tp suarana Aming asa di telinga :D”

Atau komentar ini,

“@amingisback capslocknya jebol bang?” 

wkwkwk Namanya juga kezal kan bund. 

Namun fans Fiki Naki garis keras, tetep kawal untuk unfollow Dayana wkwkwk. Gajadi ke Kazakstan bang? 

“UNFOLLOW DAYANA” tulis @alkamusahh

Dan yang satu ini, netizen yang sering mantengin klarifikasi. 

“Berani di medsos. Pas ketangkep minta maaf dan gak akan ngulangi lagi. Dengan nada tersedu sedu dengan irama ¾ stakato diakhiri dengan materai 10.000 :D :D. Itulah netizen +62. Makannya semakin berani orang di medsos karna kalo ketangkep hanya dengan materai 6000 udah lolos. :D” tulis @christianrudingan83

Siapa sih mereka-mereka yang komen? kasih tulisan ini deh ke dia. hihi

Baca juga 6 Tips Investasi di Saat Pandemi berikut langkah-langkahnya