Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Hias Dalam Ruangan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Teman-teman sudah sering dong lihat tanaman asli yang dirawat dalam pot yang disimpan di berbagai ruangan, baik itu di ruang kerja, rumah, kamar mandi, atau bahkan kamar tidur. Tapi aman gak ya tanamannya? Ga akan ganggu sirkulasi oksigen? Ga bikin lembab ruangan? 

Kali ini penulis merekomendasikan tanaman hias yang aman sekaligus indah untuk melengkapi dekorasi ruangan yang teman-teman butuhkan, tentu perawatannya pun tidak ribet, dengan begitu ruangan bisa tetap terlihat tidak monoton, ruangan tampak segar, dan sekaligus memberikan dampak kesehatan yang bagus. Berikut rekomendasinya.



1. Lidah Mertua

Lidah mertua terkenal sangat tajam ya... eh bukan lidah mertua itu maksud penulis. Ini masih bahas tanaman. Hehe canda mertuaa.

Lidah mertua sudah banyak dikenal masyarakat, dengan bentuknya yang secara umum memanjang tinggi ke atas ini banyak ditanam pecinta tanaman hias sebagai bingkai ruangan, atau bahkan main spot juga, baik dalam ruangan atau di luar atau halaman. Sehingga tanaman hias ini cocok juga disimpan di berbagai ruangan, karena proses pigmentasi daunnya pun cukup bisa bertahan di dalam ruangan bias cahaya, tidak perlu harus tersorot cahaya matahari secara langsung. Selain itu, batang dan daunnya pun cukup menyimpan cadangan air, sehingga lidah mertua dapat tumbuh dengan sedikit siraman air.

Selain indah, lidah mertua atau disebut Sanseviera ini mempunyai banyak manfaat yaitu, mampu menyerap zat karbon monoxida yang berlebihan, mengeluarkan oksigen sekaligus menyaring racun di udara, seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida. Di antara racun tersebut ialah penyebab kanker. Jadi mungkin cocok juga buat penangkal penyakit kanker. 


2. Aloe Vera

Aloe vera atau dikenal dengan sebutan umumnya Lidah Buaya. Jika tadi ada lidah mertua, kali ini ada lidah buaya. Lidah para pemberi harapan palsu. Haha. Yuk kita coba bahas sedikit tentang tanaman satu ini.

Lidah buaya juga adalah salah satu tanaman yang cocok dijadikan tanaman hias yang indah ditaruh dalam ruangan. Pemilihan lidah buaya harusdisesuaikan dengan kondisi ruangan, bentuk lidah buaya yang berdaun bergerigi dan mudah patah, lebih baiknya ditempatkan di berbagai sudut atau sisi ruangan yang aman dari lalu lalang atau aktivitas kita. 

Tanaman lidah buaya menyimpan cadangan air dalam daunnya, sehingga tanaman ini tidak perlu setiap hari disirami air, namun lidah buaya perlu sedikit tersorot cahaya matahari langsung agar pertumbuhannya sehat dan cepat, kita bisa menempatkannya di jendela atau semacamnya.

Lidah buaya pun banyak manfaatnya, selain dapat menyerap polusi udara dalam ruangan, lidah buaya sering ada dalam bahan pengharum ruangan. Sehingga memurnikan udara dalam ruangan. 


3. Bromeliad

Mungkin bagi kamu yang sering datang ke acara-acara resmi yang masih menggunakan tanaman hidup sebagai alat dekorasi, tanaman ini selalu ada sebagai jenis tanaman yang dipilih. Namun tanaman ini juga tidak kalah cocok jika disimpan dalam ruangan. 

Tanaman Bromeliad yang memiliki beragam variasi warna dan bentuk menjadi pilihan bagus untuk memilih sesuai tema warna ruangan. Sama seperti tanaman sebelumnya, Bromeliad memiliki ketahanan dalam menyimpan cadangan air dalam batang tubuhnya, oleh karena itu tanaman ini memiliki kepekaan terhadap kelembaban, Bromeliad rentan terhadap air yang terlalu banyak menggenang dalam akarnya yang bisa menyebabkan akarnya membusuk, jika teman-teman memeliharanya dalam pot, pastikan jangan terlalu sering menyiraminya dengan air. Catatan juga, jika akan menyiram tanaman ini, disarankan tidak memakai wadah berbahan logam, karena Bromeliad sanga sensitif terhadap zat satu ini. 

Bromeliad selain menjadi tanaman hias, juga memberi manfaat bagi kita, ia bisa meminimalisisr menyerap zat Benzana, senyawa beracun yang berasal dari asap kendaraan, sebagai polutan udara. Maka Benzana sangat cocok ditanam jika ruangan atau rumah kamu dekat dengan jalan yang dilalui kendaraan bermotor. 


4. Monstera

Teman-teman tentu tidak asing dengan tanaman yang ramai dikoleksi oleh banyak orang ini. Monstera banyak diburu penyuka tanaman hias, karena bentuk daun dan tangkainya yang dinilai aestetik. Sehingga tidak salah, tanaman ini cocok disimpan di berbagai ruangan, baik itu di kantor, rumah, atau kafe-kafe bernuansa natural minimalis. 

Monstera adalah salah satu tanaman yang mudah juga untuk dirawat, dan memiliki ketahanan hidup yang kuat jika lupa untuk merawatnya. Namun sebaiknya teman-teman setidaknya menyiramnya agar media tanamnya terlihat basah saja, tidak sampai membuat medi atanam becek atau bahkan tergenang air, karena tanaman ini sangat mudah membusuk jika terlalu banyak air yang menggenangi akar dan abatangnya. 

Tentu banyak manfaat dari memelihara Monstera. Ukuran daunnya yang relatif lebar, Monstera mampu memproduksi oksigen yang sangat banyak, terutama di pagi hari. Selain itu, permukaan daun Monstera yang mengandung sedikit lilin mampu menangkap debu, meminimalisir debu yang ada dalam ruangan. Selain itu Monstera juga bisa memberikan kelembaban alami ruangan sehingga bisa lebih terkontrol secara alami.


5. Dragon Tree


Dragon Tree adalah tanaman hias yang bisa tumbuh hingga memiliki tinggi 2 bahkan hingga 3 meter. Oleh sebab itu, tanaman ini masih bisa tergolong dalam jenis pepohonan. Namun dengan berbagai bentuk atai variasi dan manfaatnya, Dragon Tree pun banyak dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan juga. 

Perawatan Dragon Tree juga terbilang cukup mudah, bahkan dia masih bisa tumbuh meskipun dalam ruanga gelap sekalipun. Untuk menanam Dragon Tree, teman-teman perlu memakai pot dengan ukuran yang besar yang kira-kira bisa menompang batangnya yang akan terus meninggi. 

Selain perawatannya mudah, Dragonn Tree juga cocok sebagai penangkal racun udara berbahaya seperti benzene, formaldehyde, xylene and toluene dari udara.

 

6. Lili Paris 


Lili Paris ini memiliki daun yang memanjang, dan batangnya bisa merambat, menghasilkan tunas baru yang bisa kita stek, untuk memperbanyak tanaman Lili Paris tersebut. Dengan bentuk daun yang memanjang, Lili Paris ini cocok juga untuk ditanam dengan pot yang digantung, atau memakai pot yang tinggi agar helai daunnya tidak menumpuk di lantai. 

Perawatan Lili Paris ini cukup mudah, dengan menyiraminya 2 hari sekali jika ditanam dalam pot dalam ruangan, dengan jumlah air yang cukup untuk membasahi media tanam, sehingga tidak sampai menggenang. 

Cara memperbanyak bibitnya pun terbilang cukup mudah, dengan memotong anak yang tumbuh dari indungnya dengan akarnya, lalu pindahkan ke media tanam yang masih berupa air agar merangsang pertumbuhan akar hingga lumayan tumbuh akar baru dan siap untuk ditanam dalam media tanam berupa tanah. 

Selain mudah merawatnya, Lili Paris memberikan manfaat pada kesehatan lingkungan, tanaman ini mampu melenyapkan senyawa berbahaya yang terbawa oleh benda atau pakaian kita dari luar ke dalam ruangan, berupa senyawa formaldehyde. Jadi tanaman ini juga cocok sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan.


7. Lili Perdamaian


Mungkin tanaman satu ini bisa dikatakan tanaman "tahan banting" karena kemampuan tumbuhnya yang bisa beradaptasi, dalam media tanah bahkan air pun bisa tetap subuh tumbuh. Selain itu, Lili Perdamaian pun bisa disimpan dalam pot pada ruangan yang kurang cahaya matahari.

Tidak hanya bagus untuk pelengkap dekorasi, Lili Perdamaian pun memiliki manfaat bagi kesehatan lingkungan. Lili Perdamaian mampu menyerap spora atau jamur yang berada pada udara. Sehingga tanaman ini cocok disimpan juga pada ruangan yang lembab, agar bisa meminimalisir penyebaran spora. 

Selain itu, Lili Perdamaian ini bisa menyerap uap yang mengandung Aseton yang menguap dari zat kimia berbahaya, seperti cat, pernis, alkohol dan semacamnya. 

Jika udara di ruanganmu semakin pas alami, tidak lembab, segar, tentu ini membuat kualitas udara dalam ruangan semakin sehat. 


8. Sirih Gading


Sirih Gading adalah tanaman hias yang merambat, mempunyai akar gantung sehingga bisa melilit seperti pada pohon atau tiang yang memiliki tekstur yang berelief. Bentuk daun dari Sirih Gading ini memang seperti daun sirih pada umumnya yang berbentuk hati. Namun ada perbedaan warna daun, Sirih Gading mempunyai warga hijau dan kuning. 

Bentuknya yang merambat, cocok jika media tanam tanaman ini dengan cara digantung agar daun-daunnya terlihat cantik terurai. Media tanamnya pun bisa berupa tanah, atau air. Jika teman-teman hobi memelihara ikan dalam akuarium, Sirih Gading cocok sebagai hiasan pelengkap sekaligus menguraikan amonia dari kotoran ikan.

Hampir sama dengan tanaman di atas, Sirih Gading pun memiliki manfaat bagi kesehatan lingkungan, yaitu dapat menyerap racun berbahaya residu atau zat beracun, misal cat tembok, cat kayu dan lainnya. Tanaman ini pun dapat menetralkan bau yang menyengat dalam ruangan. 


9. Rosemary


Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Memiliki aroma yang khas, Rosemary banyak digunakan sebagai bahan pewangi atau aromaterapi, teh herbal atau bahkan suplemen. Selain itu, manfaat dengan mengonsumsi Rosemary pun bisa memberikan efek antioksidan, antivirus, antibakteri, dan meredakan peradangan tubuh. Namun tetap mengonsumsi tanaman seperti Rosemary perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh. Karena jika tidak cocok, akan menimbulkan alergi.

Selain manfaat bagi kesehatan tubuh, bentuk tanaman Rosemary pun bagus untuk dijadikan tanaman hias, baik di luar ruangan, juga dalam ruangan. 

Perawatan Rosemary tidak terlalu rumit, karena Rosemary cocok dalam media tanam yang kering, tidak terlalu basah, kamu dapat menyiramnya sekadarnya saja. Jika batang Rosemary sudah terlalu rimbun, kamu bisa memangkasnya dan bisa dijadikan stek untuk memperbanyak tanaman tersebut.  


10. Chinese Money


Mungkin tanaman ini terbilang susah untuk didapatkan, oleh karenanya, para kolektor tanaman hias pun banyak yang berburu Chinese Money ini. Bentuk daunnya bulat besar berwarna hijau memang unik dan memanjakan mata. Sangat cocok ditanam dalam pot sebagai dekorasi ruangan. 

Tanaman Chinese Money bisa kamu simpan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung, misal di dekat jendela. Karena tanaman ini tidak akan tumbuh sehat jika ditempatkan di tempat yang redup dari cahaya matahari. Simpan juga di tempat yang aman dari pergerakan, karena jika rusak, sangat disayangkan karena tanaman ini sangat langka dan saat ini harganya sedang melambung tinggi.

Namun penyiraman air bisa kamu lakukan sekitar 3 hari sekali, karena Chinese Money ini tidak terlalu sehat jika terus terkena air.

Chinese Money banyak diburu selain bentuknya yang unik, juga bermanfaat untuk memanjakan mata, sehingga mata terasa segar.


Itu dia 10 rekomendasi tanaman hias yang aman dan sekaligus indah jika disimpan dalam ruangan.

Tentunya masih banyak lagi tanaman hias yang aman sekaligus indah untuk dijadikan dekorasi ruangan. Paling penting adalah teman-teman bisa memilih tanaman hias yang cocok dengan kondisi ruangan dan penghuninya juga.

Menarik ya jika tempat kerja kita juga menambahkan tanaman hias, selain terkesan alami, memberi manfaat pada kesehatan, juga membuat suasana kerja terasa nyaman dan rileks, 



Baca juga 6 Tips Agar tidak Gagal Produktif menurut Orang Sukses