Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan mengapa kita harus memiliki mentor Bisnis

 

Jika Bisnis teman-teman selama ini mengalami banyak kegagalan atau stuck atau stagnan mungkin ini saatnya anda mencari mentor bisnis. Mentor Seperti Guru yang membimbing kearah tujuan lebih terstruktur berdasarkan ilmu dan pengalaman sehingga trial error kegagalan mentor atau kesuksesan mentor tentu bisa disharingkan dengan muridnya.

Ingat Ya Mentor tentu tidak pelru yang sukses dalam bisnisnya, Namun mentor baiknya sudah memiliki pengalaman sebagai mentor dan ilmu mentor. Karena ilmu mentor atau mengajar atau membimbing bagian berbeda dari ilmu bisnis itu sendiri. Mentor seperti guru yang harusnya memiliki ilmu mengajar dan membimbing.

Nah layakanya guru, Mereka hanya membimbing atau mengajar agar sukses di bidang yang dibimbingkannya, seperti guru matematik berharap muridnya bisa menjadi ilmuwan sciens, guru bahasa berharap muridnya bisa mempraktekan di dunia kerja dan hal sebagainnya.

Agar Lebih Mendalam berikut Admin rangkum 10 Alasan mengapa harus memiliki Mentor Bisnis

1. Mentor sedikitnya Memandu ke arah tujuan lebih terarah

Layaknya tourguide tentu tourguide sudah memiliki pengalaman dalam menulusuri jalan yang ingin tujuan dicapainya, Tourguide biasanya juga memiliki alternatif jalan untuk mencapai tujuan sehingga dalam mencapai tujuan lebih cepat atau lebih menyenangkan karena tidak semua hal lebih baik jika diraih dengan cepat kadang-kadang harus lambat namun menyenangkan karena ada prosese perjalanan menemukan sesuatu yang lebih indah

Begitu juga mentor Bisnis, Mereka setidaknya sudah mengalami jatuh naik dalam bisnis, pengalaman mereka berharga yang bisa kita ambil untuk bisa dijadikan salah satu panduan dalam mengambil keputusan dalam bisnis. Sehingga semakin banyak panduan dan pengalaman kita tidak terlalu tersesat dan lebih terarah dalam bisnis.

2. Teman Sharing Ilmu
 

Ketika kita sharing dengan mentor tentu kita juga sharing tentang keadaan bisnis dan proses yang kita alamin. Yups Terjadi komunikasi dua arah, Sehingga memberikan insiht atau sesuatu informasi yang baru juga kepada mentor sebagai bahan referensi dia. Secara tidak langsung sebenarnya kita sedang saling berbagi ilmu.

Itulah mengapa kita harus memiliki mentor karena pada dasarnya saling menguntungkan dan kita tidak usah sungkan atau minder karena kita juga bisa bermanfaat bagi mentor.

3. Teman Curhat Kehidupan


Kehidupan Full Entrepreneur dan full pekerja tentu sangat beda terutama dalam waktu, Itulah mengapa kadang kita ke curhat ke teman dekat pun tidak nyambung jika mereka diposisi sebagai full pekerja. Jika pekerja bekerja dari 8.00-17.00 setelah pulang bekerja mereka tidak terlalu pusing memikirkan kerjaan lain. Kemudian mereka juga tidak perlu pusing memikirkan keuangan karena setiap bulan mereka ada sedikit kepastian karena memperoleh gajih.

Berbeda dengan entrepreneur apalagi yang baru memulai, Mereka seperti bekerja 24jam bahkan lebih karena dalam tidur mereka pun harus memikirkan bagaimana agar bisa menghasilkan uang atau bagaimana agar tidak rugi. Mereka juga tidak terlalu ada kepastian apakah bisa mendapatkan uang atau tidak dalam minggu ini atau bulan ini.

Jadi kita tidak akan terlalu cocok jika curhat kepada yang bukan entrepreneur lagi, Jika pun curhat akan kurang pas bahkan saling bantah, Nah salah satu cara yang terbaik adalah kepada mentor bisnis juga, Mereka akan paham betul karena mereka mengalami dalam proses bisnis tersebut.

4. Bisa Jadi Investor Bisnis Kita

Kadang-kadang ini yang lucu biasanya masalah bisnis kita paling banyak adalah kekurangan modal dan ternyata mentor kita kelebihan uang kemudian mentor tersebut setelah kita sharingkan bisnis kita tertarik dengan bisnis kita dan ingin jadi investor. 

Nah sangat klop sehingga Mentor pun akan memberi nasihat atau masukan lebih sungguh-sungguh dalam bisnis kita karena uang dia juga dipertaruhkan jika sukses dia ikut sukses dan jika gagal dia pun akan merasakannya.

5. Ikut Gabung Dalam Bisnis juga

Nah jika nomer 4 hanya ingin jadi investor saja nah sekarang lebih jauh lagi, Dia ikut gabung dalam manajemen bisnis kita atau sebagai pengelola. Tentu ini menjadi sesuatu yang bagus, Jika memang ada kecocokan mengapa tidak? Ya, Kan Mentor pun akan lebih fokus lagi agar membuat bisnis kita berkembang tentunya. Tidak mau membuat Bisnisnya hancur karena kerugian buat dia juga, Rugi waktu dan Dana.

6. Menambah Link dan Rekomendasi Link


Nah Biasanya Jika mentor tidak mau bergabung atau menjadi investor kita, mereka biasanya memberi rekomendasi buat kita, Rekomendasi link tentu sesuatu yang dia percaya sehingga sangat berharga bisa kita pertimbangkan, Rekomendasi link bisa saja rekomendasi calon investor hingga chanel-chanel seperti link supplier atau ekpedisi. Bisa dibilang Link seperti itu adalah harga karun dalam bisnis.


7. Sebagai Alat peringatan atau pengerem bagi Kita


Mentor biasanya akan ikut memeriksa bisnis kita karena tentu perlu informasi lebih banyak agar bisa memberikan masukan lebih tepat atau pas, Nah kadang-kadang ini sangat berguna karena biasanya mentor akan memberikan peringatan atau warning jika bisnis kita dalam tanda-tanda bahaya.

Jadi sebelum kita gas, Kita bisa memikirkan atau mengkaji ulang untuk mengerem dan melakukan perbaikan sehingga tidak membuat bisnis kita terjun ke jurang.


Baca juga  Tips Mencari Ide Bisnis dan Memulai bisnis agar langsung LARIS