Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Menulis yang Menakjubkan

 


"Menulis adalah bekerja untuk keabadian" 
Pramoedya Ananta Toer, Seperti Kata dua Penulis Legendaris di atas menulis adalah kunci agar kita dikenang dan tidak dilupakan. Ya, Usia manusai sangatlah terbatas setelah kematian banyak orang melupakan begitu saja namun ketika memiliki karya seperti tulisan orang akan dikenang selamanya.

Apalagi seperti tulisan yang bermanfaat seperti contoh Anata Toer tersebut memiliki banyak buku sampai sekarang orang-orang masih membaca dan mempelajarinya, kalau muslim bisa mengatakan sebagai pahala yang terus mengalir karena membagikan ilmu yang bermanfaat.

Banyak tulisan-tulisan entah ilmu pengetahuan atau karya sastra berumur ribuan tahun namun sampai sekarang masih terus dikenang, Itulah mungkin sebagai keabadian kata Pram. Seperti Ibnu syina hingga Khalil Gibran.

Nah Selain hal di atas ternyata Menulis juga banyak manfaatnya, Berikut manfaat menakjubkannya

1. Menulis adalah Obat atau Terapi



Psikolog Katharina Amelia Hirawan juga mengemukakan bahwa menulis merupakan sebuah terapi terutama bagi penderita gangguan psikologis.

Penyakit kebanyakan orang yang cukup mengganggu adalah overthingking, membuat orang menjadi sakit kepala atau pusing, Nah dengan menumpahkan kepada tulisan ternyata akan mengurangi beban tersebut.

2. Menulis merupakan Legacy atau peninggalan yang Abadi


Seperti pembukaan di awal, menulis membuat berumur 1000tahun atau abadi, Kita tidak akan dilupakan apalagi karya tulis yang bermanfaat atau yang menyenangkan seperti karya sastra dan tentu pahala yang terus mengalir sebagai ilmu bermanfaat.

Apakah jika kita meninggal mau dilupakan begitu saja? yuk mulai menulis.

3. Menulis adalah Teman Curhat



Curhat terbagi kedua bagian, curhat yang minta pendapat atau saran, kedua curhat yang hanya ingin didengar saja. Dengan menulis di media seperti blog atau media sosial tentu curhatan kita akan didengar dan sekaligus akan ada saran juga.

Ingat ya Menulis, bukan bikin status yang alay. Menulis disini berarti suatu penulisan yang lebih mendalam dan jika bisa disandingkan dengan pemaparan informasi atau ilmu.

4. Mengekspresikan perasaan seperti sedih, kecewa hingga senang


Ekpresi kekecewaan atau kesediah kebanyakan susah diungkapkan kepada orang lain atau orang terdekat, Dengan menulis di diary atau blog mungkin menjadi solusi karena dengan begitu ganjalan hati akan tersampaikan. 

Menahan sesuatu perasaan kesedihan atau kekecewaan yang ditahan terus tentu tidaklah baik karena bisa jadi penyakit juga dan menurunkan daya tahan tubuh, so mulai menulis agar bebas dan plong ya.

5. Menulis bisa mendapatkan uang atau Royalty



Yups ini sudah tidak asing lagi banyak penulis profesional yang mendapatkan bayaran tinggi dari tulisannya. Namun kadang-kadang hal terduga juga terjadi kepada mereka yang niat awal asal menulis, seperti kisah hidup di blog, tahu-tahu dihubungi publisher untuk dijadikan buku atau film.

 Admin juga gitu, tidak ada niatan menulis buku tapi tiba-tiba ada panggilan dari publisher yang membaca tulisan admin di blog untuk membukukannya. Yups jadi jangan ragu untuk menulis atau minder untuk menulis.

6. Menulis adalah Investasi



Di jaman internet cepat dan canggih sekarang konten adalah sumber penghasilan, Semakin banyak konten semakin kemungkinan bisa trus menghasilkan. Salah satu jenis konten yang paling dimininati adalah tulisan-tulisan.

Semakin banyak tulisan-tulisan semakin suatu saat bisa diuangkan tulisan tersebut. Apalagi sudah jadi buku, anda akan memiliki lisensinya. Coba lihat lisensi cerita supermen dari dulu hingga sekarang terus kepakai dan terus mengalirkan uang.

7. Menulis untuk menyampaikan pesan



Kadang-kadang Tulisan lebih tajam dari pada senjata, Contohnya Terbukti banyak penulis-penulis hebat di jaman penjajahan Indonesia mengirimkan kritik kepada belanda dan jepang membuat Rakyat Indonesia tergerak juga.

Hingga masa kini pun sama, Banyak penulis-penulis menyampai pesan kepada pengusaha tentang kritikan dan sebagai pesan perjuangan.

Jadi jika kita tidak punya senjata selama kita masih punya tinta mengapa takut?


Yuk mulai menulis, Karena memulai menulis bukan sesuatu yang mudah butuh keberanian, seperti kata Pram Menulis adalah sebuah keberanian

Baca juga 7 Alasan mengapa kita harus memiliki mentor Bisnis