Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Blog Bisa Jadi Milyarder

 


Nah jika tulisan sebelumnya tentang  7 Quotes Pramoedya Ananta Toer Tentang Kepenulisan yang bikin semangat Karena semangat saja tidak cukup, perlu uang untuk bisa isi perut juga. Apalagi jika sudah dapat uang dari menulis di blog maka menulis bukan sesuatu paksaan lagi tapi sebuah kebutuhan.

Di jaman internat yang serba cepat, mendapatkan uang dari menulis blog semakin berkembang dan banyak yang sudah fokus juga menjadi blogger profesional untuk pekerjaannya. Ini menandakan bahwa hasil dari menulis di blog bukan main-main lagi. Bahkan bukan jadi jutawan saja tapi bisa menjadi Milyarder dan ini sudah terbukti.

Nah Agar lebih jelas lagi bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis di Blog, Admin rangkum sebagai berikut, Oh ya cari mendapatkan uang dari sesuatu disebut juga monetize.

1. Iklan pihak ketiga

Pernah dong lihat iklan di youtube dan iklan di youtube itu adalah iklan pihak ketiga, Biasanya pihak ketiga yang terkenal adalah Google adsense. Sebelum Youtuber terkenal iklan google adsense yang paling dulu ada blogger. Jika Youtuber monetize dari video, maka blogger monetize dari tulisan-tulisan artikel.

Berikut Nama-mana iklan pihak ketiga yang terkenal dan penjelasannya



-Google Adsense adalah program iklan pihak ketiga yang resmi dibuat Google, Pihak kedua seperti pengiklan baik personal atau perusahaan (corporate) nantinya bisa iklan di semua jaringan blog atau media yang terhubung adsense tersebut dan pihak pertama adalah para pemilik blog atau media tersebut.

Keuntungan pembagian mulai 50:50 hingga 70:30 antara pihak pertama dan google, dan tentu pengiklan sebagai pihak kedua akan mendapatkan sebaran iklan di media-media tersebut yang hasil akhrinnya pengenalan prodak hingga penjualan prodak.

Cara lazim yang digunakan adalah sistem klik, Setiap klik iklan yang dilakukan oleh pembaca di blog akan menjadi keuntungan pemilik blog tersebut. Sistem klik ini cukup efektif karena mengharapkan pembaca mengklik iklan dirasa minat tertarik saja. Tentu sistem iklan google semakin canggih karena dapat mengidentifikasi kecurangan klik, Jadi bagi yang ingin curang pikir ulang lagi karena berakibat banned permanen.

-MGID hampir sama dengan google hanya beda perusahaan saja, Mgid perusahaan dari newyork yang sudah berdiri sejak 2014 dan menjadi salah pesaing google adsense terkuat sampai saat ini. Jadi tidak perlu diragukan tidak akan dibayar karena sudah terbukti yang banyak menghasilkan.

Sebagai informasi tambahan saja, Blog pribadi juga bisa menghasilkan hingga puluhan juta contohnya blognya mastimon.com teman-teman bisa cek sendiri blognya sederhana dan bahkan bisa Milyaran Orang yang dulu mendapatkan uang 1 Milyar dari Adsense Blog adalah Adrian Fitra.

Dan pihak ketiga buatana lokal, Kini makin banyak bermunculan juga pihah ketiga buatan lokal.

Jadi masih ragu jadi blogger? Tentu tidak semudah yang dikatakan, Yang terbaik adalah dengan cara mencobanya sendiri.

2. Affiliate



Affiliate tidak jauh berbeda menggunakan sistem klik seperti google adsense, Namun affiliate memiliki sistem yang lebih jelas atau tujuan yang lebih jelas. Yaitu sebuah hasil penjualan, Jadi ketika pembaca blog mengklik iklan kemudian membuka situs pengiklan tersebut dan melakukan pembelian maka kita dapat komisi.

Namun jika hanya mengklik saja tanpa membeli maka kita tidak mendapatkan keuntungan berbeda dengan google adsense yang cukup hanya mengklik. Namun keuntungan affiliate menggunakan sistem cokies yang biasanya bertahan 1 bulan. Jadi ketika pembaca blog mengklik iklan dan tidak langsung membeli barang namun membeli barang pada lain kita tetap yang mendapatkan komisi selama cokies itu tidak dihapus.

Cokies dihapus biasanya dengan cara ditimpa link affiliate orang lain atau menghapus manual di browser yang digunakan.

Keuntungan Affiliate lainnya adalah biasanya komisinya sangat besar hingga 70% dari harga prodak. Itulah mengapa affiliate sangat menguntungkan, karena menjual dari 1 prodak saja sudah untung besar.

Sistem Affiliate biasanya memang digunakan untuk prodak-prodak jualan baik prodak fisik hingga prodak digital. Banyak pemain perusahaan besar yang sudah menggunakan sistem affiliate dari dulu, seperti Amazon, ClickBank dan kini perusahaan lokal pun sudah lazim menggunakan sistem affiliate.

Sebagai Contoh saja blogger profesional yang menggunakan sistem affiliate bisa menghasilkan jutaan hingga Milyaran juga. Mereka fokus membuat konten review-review prodak dan menyisipkan link-link affiliate pada reviewnya.

3. Menawarkan Jualan Online



Jika teman-teman memiliki prodak yang dijual kenapa tidak dipasang diblog juga kan? Dengan sedikit ilmu Penulisan SEO atau Copywriting plus tambahan google Ads jika perlu tentu prodak jualan teman-teman bisa tersebar luas di Internet. 

Sudah banyak yang membuktikan orang berjualan di internetan dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Contoh dulu admin jualan ubi cilembu menggunakan penulisan seo di blog dan hasilnya lumayan bisa kirim sampai berton-ton ubil cilembu.

Hanya perlu belajar ilmu marketing online dan penulisan maka tidak mustahil juga menghasilkand dari jualan online, Mungkin Bisa baca artikel admin juga yang ini Cara Jualan Online Dropship Ampuh dan terbaru di Masa Pandemi

4. Menawarkan Jasa Online



Menawarkan jasa online tidak jauh berbeda dengan jualan online, hanya saja prodaknya saja yang berbeda yaitu berupa jasa. Tentu banyak jasa kita bisa tawarkan mulai dari keahlian kita seperti Jasa penulisan online, Jasa penulisan copywriting hingga menawarkan jasa orang lain dengan cara berbagi hasil. 

Dengan begitu kita bisa mebantu tetangga hingga teman kita, Tentu bukan hanya keuntungan saja tapi sebuah ucapan terima kasih yang berharga dari lingkungan terdekat kita

5. Membuat Buku atau karya sastra



Jika kita bener-benar ingin membuat buku, tentu dengan menuliskan di blog adalah sebuah stimulus yang baik, Karena banyak para penulis buku handal yang melakukan hal yang sama. Mereka menawarkan terlebih dahulu tulisan-tulisan ide tahap pembuatan buku kepada pembacanya. Sehingga bisa mendapatkan feedback yang bisa memicu tulisan selanjutnya sekaligus ide hingga kritikan.

Dan yang terpenting apakah pasar menyukainya atau tidak, Jika menyukai kita bisa lebih mengeksplorasi tentunya, Namun jika tidak kita bisa mulai mengenalkannya atau mulai pengembangan topik ke arah yang disukai

6. Membuka Jasa Penulisan atau konten placement



Ini yang rumrah atau simpel digunakan untuk mendapatkan uang dari penulisan blog yaitu membuka lowongan penulisan di blog kita atau iklan mandiri. Harga untuk konten placement cukup lumayan tentu kualitas blog kita. Jadi mulailah rajin menulis di blog dan memperbaiki kualitas blog.

Sehingga konten placement akan berharga mahal juga, Ini cukup lumayan karena berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta satu kali pemasangan, sesuatu yang cukup menggiurkan.

7. Jasa Copywriting atau penulisan iklan



Menulis iklan tidak sembarang orang bisa membuat karena itulah hadir agency-agency iklan atau agency yang berfokus membuat iklan. Nah jika teman-teman sudah mengusai ilmu copywriting teman-teman tentu bisa menawarkan di blog teman-teman.

Copywriting adalah seni menulis iklan yang bertujuan agar orang tertarik hingga terlebih jauh melakukan tindakan seperti pembelian. Ilmu penulisan copywriting biasanya menggunaan ilmu persuasi dan negosiasi sehingga tulisan anda terasa menghipnotis pemabaca.

8. Membuat Naskah Cerita



Bermunculannya berbagai jenis karya sastra seperti komik, anime, manga, novel, drama hingga film membuat kebutuhan akan naskah cerita semakin banyak atau artinya peluang terbuka lebar. Jika teman-teman keahliannya dalam bercerita, mengapa tidak mulai bercerita saja? Ingat banyak film layar lebar awalnya kebanyakan dari novel atau cerita komik.

Biasanya karya bagus berasal dari penulisan orisinil pembuatnya atau ide-ide liarnya, Jadi mengapa malu atau takut mulai bercerita?