Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Usaha yang paling hits Saat Pandemic


8 Usaha yang paling hits Saat Pandemic

Lebih dari 1 tahun pandemic virus corona menyerang bumi, akibatnya berbagai aktivitas manusia mengalami hambatan, yang paling terasa terjadi di bidang ekonomi.

Kabar dari berbagai berita, baik cetak maupun elektronik dibanjiri dengan runtuhnya perekonomian. Negara – negara maju seperti Amerika, China, Jepang mengalami krisis yang sama. Dampak yang paling merasakan akibat hancurnya perekonomian adalah para buruh, sudah jutaan buruh di PHK dan UMKM gulung tikar akibat pandemic.

Meskipun pandemic belum berakhir sampai saat ini, kita harus tetap melanjutkan hidup dengan berbagai cara yang harus kita lakukan. Ternyata saat pandemic ada beberapa usaha yang bisa dilakukan agar dapur masih tetap ngebul, berikut adalah beberapa usaha yang bisa dilakukan saat pandemic:



1.       Bisnis Masker



Salah satu peluang usaha yang bisa digarap adalah masker, masker merupakan barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Pandemic ternyata tidak sepenuhnya membawa becana. Dibalik ngerinya virus corona ternyata membawa berkah bagi sebagian orang yang jeli melihat peluang. So.. jangan sia – siakan kesempatan, segera ambil tindakan!.

2.       Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan





Selain masker, alat – alat kebersihan menjadi salah satu komoditas yang paling dicari oleh masyakat. Perlengkapan kebersihan dan kesehatan saat ini dibutuhkan banyak orang sehingga bisa menjadi ide bisnis di masa pandemic.

Anda bisa menjual produk produk seperti hand sanitizer, masker, sabun cair, face shield dan lain sebagainya.

3.       Pakaian



Meski dikurung di rumah, tetap saja kita harus memakai baju, masa iya gara – gara di rumah terus enggak pakai baju. Nah, ternyata bisnis pakaian walaupun di masa pandemic masih tinggi peminatnya, apalagi bagi ibu – ibu yang bisanya suami jarang di rumah, sehingga kurang memperhatikan pakaian, kini saat suami sering di rumah harus tampil trendy dan menggoda. Jangan sampai suami lebih takut penampilan istri gara – gara engak diurus dari pada sama virus corona. Jadi bisnis pakaian masih sangat diminati, walaupun di masa pandemic.

4.      Camilan makanan ringan



Sadar gak sih, ketika banyak waktu di rumah justru menghabiskan banyak amunisi. Mulut rasanya enggak mau berhenti, terus aja mau ngunyah. Mungkin batu aja bisa dikunyah jika sudah tidak ada lagi makanan di rumah.

Ternyata salah satu usaha yang menarik saat pandemic adalah jualan cemilan, karena kebanyakan ngumpul dengan keluarga jadi malah banyak ngemil. Nah ini bisa jadi peluang bisnis untuk agan – agan yang bingung mau jualan apa saat pandemic.

5.       Kopi



Selain cemilan yang menjadi peluang saat pandemic, ternyata ada temannya yang juga menjadi peluang usaha saat, yaitu jualan kopi. Bagi sebagian orang ngemil tanpa kopi bagaikan rumput tanpa taman, berasa gak napak, alias nge-gantung.  Ngemil enaknya ditemani kopi, jadi jodohnya cemilan yaa kopi. Nah Ini bisa jadi peluang usaha juga, makannya gak heran jika di masa pandemic banyak bermunculan berbagai jenis merek kopi.

6.       Jasa desain



Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemic. Terlebih banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan, seperti promosi atau webinar yang menjamur ketika pandemic.

Jadi yang bisa desain segera lah mulai beraksi agar keahlian Anda berguna, jangan mikir bagus jeleknya, bagi orang yang gak ngerti desain, hasil Anda mungkin akan dianggap bagus. Jadi action aja, gak usah malu. Dari pada ga makan, lebih malu lagi.

7.       Jualan pulsa/kuota

Di masa penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pulsa dan kuota sama pentingnya dengan nasi. Jika tidak ada pulsa dan kuota maka tamat lah kehidupan, meski belum terkena virus corona. Sebetulnya ketiadaan pulsa dan kuota lebih menakutkan dibanding Virus Corona. Orang yang terkena virus corona bisa jadi tanpa gejala, alias OTG, sehat – sehat saja, tapi bandingkan orang yang kehabisan pulsa dan kuota, semuanya menunjukan gejala. Heheh.. jadi curhat.

Intinya, pulsa dan kuota menjadi peluang usaha baru di sama pandemic, karena semua aktivitas diarahkan harus online, dan untuk online harus ada kuota agar aktivitas bisa jalan. Oke?

8.       Penulis lepas



Menjadi penulis lepas juga merupakan usaha yang bisa dijalankan saat pandemi. Saat pandemi usaha – usaha beralih ke online, namun orang yang berjualan melalui online belum tentu memiliki keterampilan untuk menceritakan atau menawarkan produknya melalui tulisan, nah ini bisa jadi lapangan pekerjaan untuk yang punya keahlian menulis. Yoo tawarkan keahlian Anda , sebelum menawarkan harga diri.. hehe.

Baca juga Tips Mencari Ide Bisnis dan Memulai bisnis agar langsung LARIS