Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menulis Copywriting yang Menghipnotis

 

Copywriting adalah seni tulisan untuk menarik perhatingan orang dan lebih jauh melakukan tindakan yang biasanya untuk membuat iklan. Permasalahan membuat iklan yang menarik menjadi sesuatu ilmu yang penting di masa sekarang sehingga banyak studi yang fokus pada itu, Nah biasanya orang menyebut hal tersebut dengan copywriting.

Iklan tanpa membuat orang tertarik tentu sesuatu yang percuma karena akan menguras budget dana alias pemborosan. Oh ilmu copywriting tentu tidak berguna untuk iklan saja tapi untuk semua karya penulisan termasuk ngeblog.

Jika sudah tahu ilmunya tentu akan lebih seru dalam ngeblog dan bisa menghasilkan karya yang lebih baik atau lebih jauh lagi bisa menghasilkan uang seperti artikel admin sebelumnya 8 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Blog Bisa Jadi Milyarder

Nah langsung saja ke intinya Imu copywriting pada dasarnya terbagi ke dalam urutan-urutan, Dalam ilmu persuasi para pakar membaginya ke dalam urutan yang biasanya disingkat ANSVA, AIDA dan lain sebagainya namun pada dasarnya tidak jauh berbeda.

Admin biasanya lebih sreg dan suka menggunakan ANSVA dan AIDA namun admin akan membahas ANSVA disini, tenang sama saja intinya ANSVA maupun AIDA. 

Penemu Teori ANSVA adalah Alan H. Monroe. Terdapat lima tahap urutan motif yang sesuai dengan cara berpikir manusia dalam formula ANSVA yaitu singkatan dari Attention (perhatian), Need (kebutuhan), Satisfaction (kepuasaan), Visualization (Gambaran), Action (Tindakan).

Gas kita bahas satu-persatu !

1. ATTENTION ( PERHATIAN)


Dalam membuat iklan copywriting rumus pertama adalah menarik perhatian pembaca atau konsumen. Nah dalam ilmu kebutuhan manusia, manusia cenderung akan tertarik kepada permasalahan. Maka Cara menarik perhatian pembaca atau konsumen salah satunya dengan masalah yang sedang dihadapi.

Coba perhatikan copywring iklan obat di atas, Pada kalimat pertama langsung ke permasalahan yang mungkin sedang dialami pembaca atau konsumen.

"Pusing ? Migran?"

"Sakit kepala? Puyeng?"

"Sakit tenggorokan ? Bibir pecah?"

"Dompet Kosong? Ngganggur? ( MLM banget kalau ini hahaha"

Coba kata-kata di atas tentu tidak asing dalam iklan bukan? Yups dengan menyebutkan masalah langsung ini akan membuat orang yang sedang mengalami masalah akan langsung tertarik. Nah permasalahan adalah satu cara menarik perhatian konsumen dan pembaca. 

Sudah pahamkan bagaiman menarik perhatian pembaca atau konsumen sekarang?

2. NEED (KEBUTUHAN)


Nah setelah perhatian didapat tentu selanjutnya memberikan kebutuhan yang diinginkannya. Atau setelah Permasalahan terbitlah Solusi. Perhatikan iklan sampho di atas,

8 Masalah ketombe lalu menghasilkan solusi Shampo 

Masalah sakit kepala solusi obat sakit kepala

Masalah Kantong kering solusi MLM hahaha

Simpel Bukan?

Tentu dalam memberikan solusi harus didukung dengan informasi tambahan seperti terbuat dari bahan berkualitas lah, bahan ajaib lah, berdasarkan penelitian para ahli, mengambil dari sumber mata air yang terjamin.

Sering kan dengar kata-kata tersebut?

Pemaparan sangat efektik dengan dukungan informasi fakta-fakta yang wow.

3. SATISFACTION ( KEPUASAN)


Setelah penggambaran atau pemaparan solusi tentu masih banyak keraguan akan solusi tersebut maka untuk menghilangkan keraguan tersebut biasanya Produsen akan menyewa brand Ambasador sebagai lambang bahwa ambasador tersebut puas memakai prodak tersebut.

Semakin berpengaruh Ambasador tentu semakin membuat prodak dipertimbangkan atau trust, Nah seperti iklan clear di atas memakai Cristian Ronaldo tentu tidak diragukan lagi pengaruh Ronaldo. Ini tentu akan meningkatkan kekuatan prodak agar makin trust atau dipercaya.

Maka tidak heran kan, Brand Ambasador bermunculan dan harga brand ambasador tentu tidak main-main.

4. VISUALIZATION (GAMBARAN)


Nah visualization singkatnya adalah testimoni prodak yang tentu samakin menyakinkan konsumen bahkan bisa menyihirnya dari yang tadi mau beli jadi membeli borong hahha.

Gambaran dari hasil prodak di iklan biasanya menggunakan model dengan hasil yan wow seperti iklan di atas, Rambut yang berkilau, mengembang pokoknya Indah seperti tuan putri lah.

Cara lain menampikan testimoni yang sering adalah after before


Jika kosumen  baca hingga pada tahap ini, biasanya sudah mengubah dari tertarik jadi ingin beli.

5. ACTION (TINDAKAN)



Nah ditahap terakhir ini tidak kalah penting, Ketika Orang sudah ingin beli jangan disia-siakan dengan tidak menyertakan informasi pembelian atau bagaimana cara membeli. Iklan yang benar biasanya pada akhir akan berkata.

Tersedia di ...

Segera ke toko...

Datang ke Toko kami di jalan..

Ready Grab atau Gojek...

Ikuti Instagram kami...

Dengan begitu konsumen tidak menunda-nunda belanjanya, Karena menunda tentu akan mempengaruhi pengaruh iklannya atau bisa jadi memudarkan sugestinya.

Mudah kan?

Jika dirasa bermanfaat yuk Follow IG dan Instagram Viralabs ( Nah ini termasuk Action ahhaha tapi Emang kebangetan masih ga Follow dah dikasih ilmu mahal gini) Link ada di atas Web

Oh ya share juga ya biar makin bermanfaat