Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menikmati Kopi sesuai Jenisnya Agar maknyus


Berbicara tentang kopi, sebetulnya bukan barang baru, kopi sudah ada sejak jaman dulu, bahkan saat Indonesia di jajah kopi sudah ada.

Negeri kita memang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah, oleh sebab itulah banyak negara yang iri terhadap Indonesia. Kopi menjadi salah satu komoditas yang sangat terkenal di Indonesia.

Nah akhir – akhir ini, kopi kembali booming, bukan karena ada penjajah yang mau merebut kopi dari indonesia, tapi masyarakat mulai menggandrungi kopi. Meski sedang musim pandemic ternyata popularitas kopi tidak menurun, justru malah semakin meningkat, ditambah generasi millennial yang suka bersosialisasi, sehingga kopi menjadi salah satu teman setia saat waktu nongkrong tiba.

Banyaknya penikmat kopi saat ini memberikan dampak yang baik untuk perkembangan perekonomian Indonesia di tengah pandemic yang mencekik ini, namun si penyuka kopi belum tentu tahu ada jenis kopi apa yang sering di konsumsi.

Nah supaya tidak asal minum, kita cari tahu ada jenis kopi apa aja sih sering konsumsi. Jangan sampai kalian sering minum kopi namun tidak tahu jenis – jenis kopi, atau bahkan kalian tidak tahu kalau kopi itu asal rasanya pahit, walah parah sekali kalau kalian tidak tahu.

Yuk kita kenali jenis – jenis kopi dan rasanya, meski semua rasa dasarnya sama, yaitu pahit, namun kadarnya berbeda – beda loh.

Oke kita langsung aja ya, tampa berlama – lama, kita kenali kopi satu persatu, biar kita enggak salah pesan. Milik kopi sama halnya dengan milih calon pasangan, salah pesan bisa bahaya, masih mending salah milih kopi, terlalu pahit bisa ganti yang baru, bayangkan jika salah milih pasangan, apa mau gitu juga? Ga mungkin kan!. Woalah malah makin ngelantur kemana- mana, yuk ah langsung ke topik utama mengenal jenis kopi.

1.       Kopi Arabika



Yang pertama, Kopi Arabika. Kopi yang satu ini adalah yang paling populer sejagad raya, paling banyak dinikmati oleh para penyuka kopi. Kopi ini ternyata berasal dari Ethiopia, kemudian disebarkan oleh bangsa arab ke penjuru dunia, mungkin karena disebarkan oleh bangsa arab namanya kopi jadi Arabika (Arab dan Ika), hehe.. bukan ya, enggak ada hubungannya dengan mana kopi. eh malah cocokologi.

Intinya kopi ini merupakan kopi terkenal, karena rasanya sangat enak bagi para penikmat kopi sejati. Makannya tidak heran jika kopi ini memiliki harga yang cukup malah, selain enak, perawatan dan pembudidaya annya juga cukup sulit.

Ciri khas dari kopi ini warna seduhannya tidak terlalu pekat sehingga memiliki tingkat keasaman lebih tinggi daripada kafeinnya. Selain itu kopi ini juga lebih wangi dari kopi lainnya.

Kopi Arabika  memiliki dua jenis yang paling terkenal di dunia, yaitu Tyipca dan Bourbon. Nah jangan sampai salah lagi ya saat menikmati kopi, biar enggak tengsin saat ditanya soal kopi.

Mulai dari sekarang, sebelum pesan kopi coba baca – baca dulu, bisa – bisa selama ini yang diminum bukan kopi beneran tapi bubuk jagung.. hehe.

2.       Kopi Robusta



Jenis kopi yang kedua adalah kopi Robusta. Jenis kopi ini paling banyak di konsumsi oleh orang Indonesia karena cara pembudidayaannya cukup mudah dan bisa tahan terhadap hama sehingga bisa tumbuh dengan mudah. Walaupun jenis kopi ini cukup kuata, namun memiliki masa yang cukup panjang untuk berbuah, yaitu bisa 10 – 11 bulan sampai menjadi buah.

Kopi ini berasal dari negara Kongo, nah kemudian dibawa ke Indonesia untuk dibudidayakan. Jenis kopi ini memiliki rasa yang cukup pahit, namun tidak sepahit hidup kalian lah.

Dari segi harga kopi ini cukup terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Kopi ini memiliki dua jenis varietas yaitu, jenis Timor dan Catimor. Hasil persilangan arabika dan robusta.

3.       Kopi Ekselsa



Jenis kopi ketiga adalah kopi ekselsa, berasal dari Afrika barat, tepatnya di dekat Danau Chad, pada enggak tahu kan dimana itu?.. tidak usah dipikirkan lah, jenis kopinya aja baru denger kan?.

Jenis kopi ini harus dibudidayakan pada dataran renda dan basah.

Di indonesia jenis kopi ini bisa ditemui di Kabupaten Tanjung Jabung, Provinsi Jambi. Harga jenis kopi ini ternyata paling mahal jika di banding dengan Arabika dan Robusta, selain itu kualitasnya juga sangat tinggi sehingga tidak salah memiliki harga yang cukup mahal. Jika kalian bisa  konsumsi jenis kopi ini, maka kalian bisa serasa sultan untuk sementara, sampai selesai minum kopi. Hehe. Awas enggak bisa bayar.

4.       Kopi Liberika



Jenis kopi yang ke empat adalah kopi Liberika, ini juga baru dengar kan?.

Kopi ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan arabika dan robusta. Namun pada saat proses sampai bisa dinikmati ukurannya akan menyusut. Oleh karena itu jenis kopi ini kuang disukai oleh para petani, karena ongkosnya mahal dan prosesnya sangat lama. Selain itu  jenis kopi ini mudah terkena penyakit atau hama.

Nah itulah ke empat jenis kopi yang sangat terkenal. Jadi mulai sekarang sebelum ngopi kenali dulu satu per satu supaya bisa menikmati kopi sebagai mana mestinya.

Selama ini menikmati jenis kopi apapun rasanya sama aja, yaitu manis. Ya iya lah wong setiap pesan kopi pakai gula terus. Kalau gitu pesan air gula aja pakai campuran kopi. Pesan kopi tapi kok manis, itu namanya pesan air gula. Hehehe…

Memang orang indonesia tuh begitu, suka hidup dalam kepura – puraan, terlihat dari caranya menikmati kopi, kopi kan pahit, terus pakai gula, kehidupannya tuh aslinya perih, namun memaksakan tersenyum agar terlihat bahagia. Hehe

Sebetulnya minum kopi tuh mengajarkan kejujuran. Warnanya hitam, rasanya pahit, tapi masih bisa dinikmati. Intinya, jangan hidup dalam kepura – puraan, jika susah bergaya lah seadanya, jangan pura – pura bagagia padahal buat beli kopi pun tidak bisa.

Hidup lah yang Jujur seperti kopi….  


Baca juga 7 Manfaat Menulis yang Menakjubkan