Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tools atau Alat pengecek Kualitas Website atau Blog

 

Masalah utama membuat website atau blog bukan hanya masalah teknis pembuatannya saja namun yang lebih utama adalah adanya pengunjung atau tidak atau ada yang membaca atau tidak, sebagus apapun isi website baik tulisan atau desain jika tidak ada yang baca percuma. Karena dari pengunjunglah kita tahu tentang kualitas website kita dan dari pengunjung juga pemasukan akan datang.

Istilah pengunjung biasanya sering disebut trafik. Trafik website bermacam-macam mulai dari sosial media seperti facebook, twitter hingga Instagram, Ada juga dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Baidu hingga Bing. Baik itu trafik organik (natural) ataupun pay trafik (berbayar).

Nah untuk mengecek trafik dan kualitas website tentu sangatlah penting, karena sebagai bahan evaluasi masa depan blog atau website tersebut. Nah berikut alat atau tools untuk mengecek kualitas website atau Blog anda.

1. Mesin Pencari

Mesin pencari berguna untuk mengecek pendindeksan artikel website atau blog kita, Dengan mengecek pendindeksan kita tahu kondisi artikel tersebut apakah sudah terindeks atau belum dan sudah masuk urutan berapa, sehingga trafik dari mesin pencari bisa dievaluasi.

Cara pengecekan cukup sederhana,

- Masukan alamat url website kita di mesin pencari, misal viralabs.id di google atau bing





Dari data di atas, kini kita tahu bahwa artikel viralabs.id hanya baru satu artikel yang terindeks, karena memang masih baru dan google sekarang lagi lama dalam pengindeksan jadi wajar, Namun jika dalam beberapa minggu masih belum ada artikel yang terindeks lagi, berarti blog dalam masalah, seperti mungkin kena blacklist keyword atau alamat blog pernah kena pinalty.

2. Goolge Analytics dan Google Webmaster



Nah untuk Google Analytics dan google webmaster berguna untuk melihat kedalam atau mengidentifikasi lebih jauh tentang pengunjung atau trafik kita. Setelah kita mensetting google analytics dan google webmaster dengan cara memasakan berupa kode pelacakan ke dalam web atau blog kita, Dalam beberapa hari kita akan mengetahui tentang pengunjung kita seperti jumlah kunjungan, keyword yang sering masuk, waktu kunjungan, wilayah hingga gadget yang digunakan.

Tentu sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi website kita, Misal apakah mengalami kenaikan pengunjung atau penurunan, orang yang sering masuk ke website kita dari keyword apa saja, pengguna gadget yang sering dipakai sehingga kita lebih fokus dan memaksilmalkan website atau blog kita kedapannya. 

Sayangnya Google Analytics dan google webmaster hanya untuk mesin pencari google saja sesuai dengan namanya. Mesin pencari lain tentu memiliki alat analytics juga masing-masing tinggal dipelajari saja, karena Google paling populer jadi fokus di google juga cukup.

3. Cek Rangking Website di alexa

Caranya ke url https://www.alexa.com/siteinfo/ranking-check.de

lalu masukan alamat website kita atau pesaing kita





Nah disini kita tahu detik.con rangking 102 dengan rata-rata lama pengunjung di website 6 menit 43 detik. Selain menyajikan banyak data lainnya seperti top keywords hingga populer artikel yang sering dikunjungi

4. Cek Plagiat Arikel

Banyak tools web untuk mengecek artikel plagiat dari yang gratis hingga berbayar. Nah salah satu yang simpel dan sederhan dan gratis bisa pakai https://smallseotools.com/id/plagiarism-checker/


Seberapa penting kah cek plagiat ini? Nah bagi yang ingin memonetize dari adsense atau menghasilkan uang dari adsense tentu sangat penting karena mesin pencari hanya mengutamakan mengindeks artikel yang tidak plagiat, jadi jangan sampai website artikel anda plagiat karena akan membuat tidak terindeks dan mengurangi nilai web di mata mesin pencari.

Selain itu banyak hal manfaat lainnya seperti membiasakan membuat karya sendiri hingga menghargai karya orang lain, karena plagiat cukup merugikan orang lain.

5. Cek Authority Website dan Backlink Kompetitor

Nilai authority itu ibarat kekuatan mesin semakin baik tentu semakin bisa melesat, Nilai biasanya dari 0-100. Banyak tools untuk melihat kekuatan authority website namun salah satu yang sering digunakan adalah Moz.

Caranya masuk ke url https://moz.com/domain-analysis

lalu masukan alamat website yang ingin di cek


Nah contoh admin cek sugeng.id adalah nilainya 40 kemudian terdapat banyak sumber link backlink hingga nilai spam score. spam score ibarat suatu penyakit yang bisa merugikan kesehatan website, sedangkan backlink adalah ibarat mesin pendukung untuk memaksimalkan perporma website.

Jika disimpulkan website sugeng.id sangat bagus. Kegunaan authorty adalah untuk membuat pengindeksan di mesin pencari lebih diutamakan, sehingga ketika membuat artikel masuk ke halaman pertama lebih berpeluang.

Cara agar authority bagus adalah dengan cara membuat backlink ke website kita. Backlink adalah memasukan link url website kita ke dalam website orang lain. Nah semakin banyak tertanam di website orang lain terutama yang memiliki authority bagus maka semakin baik.

Nah untuk menganalisis backlink kompetitor bisa menggunakan moz juga seperti gambar data di atas, kita tahu alamat url bakclink dari website di tersebut. Dengan mengetahui url backlink kita dapat meniru atau membuat backlink yang sama dengan kompetitor sehingga membuat website kita bagus juga nilai authoritynya.

6. Cek Broken Link

Nah broken link adalah backlink yang rusak alias biasanya website tersebut sudah tidak aktif lagi atau dihapus. Tentu broken backlink akan mengurangi nilai di mata mesin pencari jadi sebisa mungkin broken link harus dihapus.

Caranya masuk ke url https://www.deadlinkchecker.com/

lalu masukan website yang ingin di cek dengan cara memasukan urlnya

Nah kita contoh kan kembali url sugeng.id nah disini ketemu link mana aja yang sudah rusak, kita tinggal menghapus url hidup tersebut menjadi url mati, dan tidak perlu sampai menghapus konten atau artikelnya.

7. Cek Harga Website

Cek harga website adalah cek harga website berdasarkan kepada kriteria kunjungan website dan kisaran penghasilan dari iklan yang didapat. Tentu karna hanya berdasarkan kedua hal di atas harga website tidak akurat namun biasanya harga akan melebihi jauh dari perkiran tersebut.

Caranya masuk ke url http://ceksite.com/

lalu masukan url website yang ingin dicek


Berdasarkan rata-rata pengunjung perhari sekitar 1.343 dan penghasilan iklan 241.650 maka hasil kalkulasi harga sugeng.id adalah sekitar 109juta

8. Mencari Keyword turunanan

Keyword turunanan alat untuk membantu mencari keyword yang lebih sempit agar lebih mudah dari segi saingan pengindeksan halaman atau lebih mudah masuk ke halaman utama mesin pencari. Ini penting karena tools google keywords planer biasanya hanya memberikan saran keyword besar atau utama. 

Yang belum tahu goole keywords planer bisa baca artikel kami sebelumnya 5 Cara Riset Online untuk Mengefektifkan Penjualan

Masuk ke halaman url https://app.neilpatel.com/en/ubersuggest

lalu masukan keyword yang ingin kita cek dan cek negara juga, karena di Indonesia maka cari Indonesia

Nah misal kita cek keyword jual hijab murah karena saingan masih cukup berat dan banyak maka kita perlu ide turunan keyword yang lebih berpeluang untuk masuk halaman utama mesin pencari. Nah setelah kita masukan keyword jual hijab murah maka akan muncul peluang turunan lainnya.

Nah di atas terdapat keyword turunan mulai jual hijab murah surabaya hingga jual hijab murah di malang. Kita juga akan diberikan jumlah rata-rata pencarian hingga kesulitan dah harga cpc tentu untuk acuan para pemain adsense.