Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Bermain Catur untuk Pemula meningkatkan skill dan Kemampuan

 


Ramainya perseteruan pecaturan anda Dewa Kipas vs GothamChess vs GM Irenne membuat nostalgia sewaktu admin masih kecil yang suka catur  dan kini tumbuh kembali. Oh yang belum tahu bisa baca artikel admin sebelumnya Dewa Kipas vs GothamChess vs GM Irene Ulasan Lengkap Kasus dan Rekor

Dulu sewaktu kecil admin sangat suka bermain catur dan cukup sering bermain karena ada orang dewasa yang mengajak bermain. Namun suatu waktu kesenangan tersebut berakhir karena teman orang dewasa tersebut pergi bekerja ke luar kota. Pada akhirnya tidak ada lagi lawan yang di tempat saya, walaupun ada itu pun jarang karena orang-orang tidak begitu antusias seperti admin, apalagi setelah dikalahkan admin.

Membuat tidak ada lawan dan kemampuan admin menjadi tidak berkembang. Pada akhirnya seiring perkembangan jaman eh usia karena tidak ada lingkungan catur, maka kemampuan admin tidak ada perkembangan signifikan paling suatu waktu jika ada kesempatan melihat orang tidak sengaja bermain catur.

Namun kini di jaman internet yang semua online, begitu pun catur. Kini banyak aplikasi dan situs catur online yang menawarkan banyak kemudahan bermain salah satunya situs catur online Chess.com yang populer. Bukan hanya kemudahan bermain saja tapi kita juga akan banyak disuguhkan ilmu catur basic hingga catur dunia.

Oh Seperti kata admin, kemudahan disini adalah kita akan dengan mudah menemukan lawan di berbagai belahan dunia hanya dengan sekali klik di ponsel pintar kita jadi tidak takut lagi seperti masalah admin di awal tidak ada lawan. Saking banyak lawan mungkin teman-teman harus hati dengan waktu karena admin rasakan di awal sampai lupa waktu.

Ya, Hampir lupa waktu, tidak terasa sudah banyak admin lakukan perharinya yang menyita waktu admin. Mungkin ini ibarat balas dendam atau menemukan sesuatu di waktu kecil yang diinginakan baru terwujud sekarang. 

Oh ya di Chess.com juga menawarkan pertandingan resmi juga yang bisa kita ikut, sehingga jika kita benar-benar sudah mahir kita bisa mencoba masuk level profesional. Enak bukan? Kita kini bisa dengan mudah bermain, belajar dan juga berusaha menjadi pemain profesional. Kalau dulu seh kita harus ikut turnamen-turnamen yang diadakan lokal seperti RW, Desa, Sekolah, Kecamatan hingga Propinisi. 

Oh kalau dulu admin pernah ikut turnamen SD sayang kalah karena blunder padahal sudah di atas angin dengan menang jumlah pemain dan di awal-awal. Mungkin itu adalah kesalahan admin yang kurang latihan sehingga blunder dan tidak berpengalaman. Yups Karena pada dasarnya catur bukan hanya tentang ada otak juga tapi Mental. 

Nah ini yang orang tidak semua tahu apalagi yang di awal-awal bermain. Ingat catur bukan hanya sekedar permainan asah otak lebih dari itu. Nah apa saja seh permainan catur itu? Nah berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang bermain catur sekaligus Tips bermain catur.

1. Catur Itu Ilmu pengetahuan Jadi bisa dipelajari perlangkah.



Ya seperti kata Mba GM Irenne Catur adalah ilmu pengetahuan. Yups catur itu bukan ilmu keberuntungan tapi layaknya sebuah ilmu matematika. Ibarat ilmu persamaan jika A maka B dan B = C. Ya, Karena di catur banyak sejuta kemungkinan langkah. Dan tidak diragukan lagi karena banyak buku catur tebal tentang membahas strategi catur.

2. Permainan 10 Menit di catur membuat kita harus pertimbangkan waktu



Nah pada sistem populer waktu bermain catur 10 Menit atau setiap pemain diberi waktu total 10 menit  dari total permainan jadi kita harus sudah cukup paham dan hafal dalam melangkah seperti kata rumus di awal jika A maka B atau B = C. 

Nah ini akan sangat terlihat jike pemain pemula yang waktu melangkah di awal saja langsung lama berpikir, apalagi di tengah permainan. Itu wajar karena masih banyak yang dipelajari. Tapi yang perlu dipahami walaupun kita menang langkah sebelum skak tapi wakut kita habis tetap saja kita kalah.

Jadi yang jarang bermain waktu 10 menit mulai dibiasakan karena itu sistem populer turnamen yang sering dilakukan.

3. Mulailah Pelajari satu pola saja hingga paham



Seperti kata admin catur itu ada kemungkinan jutaan langkah, agar tidak memakan waktu berpikir dan kehabisan waktu juga maka mulailah membiasakan satu pola langkah yang terus diasah. Seperti Kata Bruce Lee, Saya lebih takut kepada orang yang melatih 1 jurus ribuan kali daripada berlatih ribuah jurus satu kali.

Nah ketika salah satu pola mulai dipahami, kekalahan adalah sesuatu pembelajaran dalam menutupi langah pola tersebut sehingga menjadi bahan referensi selanjutnya. Maka langkah selanjutnya akan semakin paham.

4. Pola Penyerangan sederhana adalah dengan memasukan bidak-bidak catur kita dibaris 5 minimal



Pola penyerangan adalah ketika papan catur kita sudah melewati 5 baris langkah kotak. Disitulah langkah penyerangan sudah terlihat. Langkah yang paling populer untuk mengalahkan pemula adalah tiga langkah mati dengan mengerakan patih, luncur atau kuda ke area 5 baris tersebut.Dengan pola penyeranga di baris 5 kotak kita akan dengan mudah menemukan pola penyeranga.

5. Pola Pertahanan sederhana adalah dengan mempertahankan bidak-bidak di papan catu baris satu dan dua dan merembat ke kotak selanjutnya.



Semakin baik dasarnya semakin bagus pertahanannya, Dasarnya dalah raja terlindung oleh pasukan pion catur kita, Pertahanan yang populer adalah dengan blokir raja ( Pergerakan special pertukaran tempat raja dan bentang) yang dikelilingi pion catur. Ini sebagai tanda pertahanan yang cukup jelas.

Dengan kita atau musuh melakukan hal tersebut atau raja dikelilingi pion papan catur. Itu setidaknya butuh ekstra untuk mengalahkan musuh. Ya, Ibarat harus menghancurkan dinding benteng.

6. Pertahanan dan Penyerangan dikombinasikan secara efektif



Nah setelah paham konsep penyerangan dan pertahanan tentu kita tidak mudah melakukan hal tersebut secara bersamaan karena kita memiliki jumlah bidak catur yang sama dan langkah gantian. Jadi kita harus kombinasikan kedua langkah tersebut.

Nah disinilah ilmu catur mulai semua dikombinasikan, Karena terlalu cepat bertahan membuat musuh mudah menyusun serangan juga dan terlalu cepat menyerang membuat pertahanan kita rentan dan mudah dibalikan dalam serangan balik.

Ada teori yang paling disukai, Pertahana terbaik adalah penyerangan total sehingga membuat kesulitan musuh. Ya, Tidak semudah itu karena kita memiliki jumlah pasukan yang sama jadi penyerangan total haruslah benar-benar matang

7. Selalu Waspada Langkah Musuh



Seperti point 6 terlau cepat bertahan atau menyerang akan mudah terbaca dan tidak baik karena musuh akan mengambil langkah solutif. Nah tips selanjutnya setelah paham bertahan dan menyerang, langkah paling efektif adalah selalu waspada gerakan musuh dan selalu berikan respon yang tepat juga.

Dan hati-hati serangan tipu muslihat yang tidak terlihat, Cara terbaik adalah ketika ada bidak di posisi menyerang harsu selalu diwaspadai atau diusir secepatnya.

8. Akurasi sangatlah penting



Akurasi adalah ketepatan melangkah, Nah ingat catur bukan hanya tentang adu otak tapi juga daya tahan. Karena menurut penelitian orang rata-rata fokus hanya 30menit pertama sisanya orang akan mudah hilang fokus, seperti artikel sebelumnya 6 Tips Agar tidak Gagal Produktif menurut Orang Sukses

Nah biasanya orang sudah kehilangan fokus akan kehilangan akurasi dan sering melakukan hal blunder. Itulah seperti kasus dewa kipas vs dewa gothamChess juga yang bisa mengetahui indikasi kecurangan dewa kipas yang memiliki akurasi 90% lebih secara peningkatan secara konsisten.

Ada dua kemungkinan itu terjadi, Itu adalah seorang pemain kelas dunia atau mereka menggunakan mesin catur untuk melangkah. Karena online tentu menggunakan mesin catur komputer bantuan sangat mungkin.

Jadi ingat musuh tentu akan melakukan blunder, Kita tidak mudah putus asa juga jika sudah blunder apalagi jika masih pemain amatir, sangat besar kemungkinan blunder.

Jika di platform Chess.com kita akan diberikan analisis pertandingan seperti jumlah langkah blunder dan langkah kesalahan sehingga jadi bisa dipelajari lagi.

9. Grogi atau Cemas bagian dari Catur juga



Yups bukan hanya adu otak, adu mental, adu akurasi, catur juga adu grogi atau cemas. Karena namanya manusia wajar. Tentu ini berlaku untuk semua orang bahkan pemain dunia. Namun yang membedakan adalah pengalaman mereka yang membuat hal tersebut diminimalisir.

Ini juga bukan hanya offline karena terlihat tatap muka jadi kita bisa analisis perasaan musuh. Online juga bisa karena kini bisa sambil video call atau chat di platform online tersebut. Dengan kata hahaha saja membuat kadang emosi karena seperti menyepelekan dan biasanya sering membuat tersulut.

Tentu tidak baik dalam mengambil keputusan berdasarkan kemarahan. Seperti kata orang ahli, Janganlah membuat keputusan saat marah karena akan menyesalinya.

Jadi bagian dari adu strategi memprokoasi juga ada dalam catur. Kalau tidak salah Mohammad Ali juga sering menyulut musuh dengan kata-kata di atas ring, Yups itu bagian dari strategi. Jadi jangan mudah marah atau terpancing emosi dan berusahan menyembunyikan raut muka.