Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Modus Penipuan Online pengambilan data

 


Masih seputar penipuan online, karena ini modus atau cara yang sering digunakan penipu atau pencuri untuk mengambil data orang dan mensalah gunakan data tersebut. Pada dasarnya trik pengambilan data digunakan untuk bermacam penipuan bukan hanya membobol dana di bank, namun bisa untuk menjual aset online juga seperti akun sosial media seperti instagram.

Seperti pembahasan kemaran yang belum baca bisa baca dulu Waspada Penipuan Online Berikut Modus Triknya Semakin mudahnya akses untuk penipuan maka trik dan tipu muslihat semakin lihai saja sehingga orang yang tidak cukup jeli atau teliti sekelas orang pintar pun bisa tertipu karena triknya sangat mirip dengan yang asli atau sangat meyakinkan.

Nah Berikut Modus penipuan online pengambilan data untuk membobol akun bank hingga sosial media.

1. Membuat tulisan copywriting yang meyakinkan bersamaan dengan event yang sedang terjadi sehingga terkamuflase dengan baik

Triknya hampir sama misal ketika ada event pembuatan akun prakerja atau pendaftaran cpns maka penipu ini akan membuat iklan yang sama juga dengan yang asli.

2. Trik penipuan pertama adalah menyebarkan link palsu yang mirip sekali dengan yang asli



Coba lihat link facebook di atas yang palsu.

Nah yang tahap penipuan selanjutnya di akhir copywriting adalah tentu menyisipkan alamat link event tersebut misal alama link prakerja adalah prakerja.go.id penipu akan membuat link yang mirip seperti prakerja.id atau prakerja.com atau prakerja.daftar atau prakerja.online, Dan hal tersebut sangat mudah dilakukan.

3. Menyebarkan di seluruh media termasuk WhatApps

Tentuk setelah membuat copywriting yang meyakinkan dan menyisipkan link palsu adalah menyebarkan ke seluru media dan yang paling empuk adalah WhatApps grup, apalagi orang yang masih gaptek ini sangat menjadi sasaran empuk.

Kemudian saluran penipuan lainnya yang menjadi favorit setelah WhatApps adalah Email, karena email sangat mudah sekali terkamuflase, coba lihat gambar di bawah mirip dengan asli bukan? Yang beda hanya alamat pengirim saja.



4. Membuat Halaman Website palsu.





Nah setelah benih atau umpan disebar tentu tinggal masukan jebakan. Jika tadi membuat link tiruannya, Kini halaman website pun bisa ditiru. Bahkan cukup mudah karena sekarang banyak alat atau tools menduplikasi website, admin tahu karena admin juga seorang internet marketing yang bisa membuat website dan landing page.

Coba lihat halaman website di atas, Sangat mirip bukan? Nah yang paling parah adalah meniru halaman website ibanking dan anda dengan sengaja memberikan pasword dan data-data penting lainnya, Maka tidak heran uang anda habis dalam hitungan detik.

5. Setelah Data diambil semua yang berhubungan akan disalah gunakan

Tentu jika ada data yang masuk penipu akan langsung mengecek ke semua akun yang anda miliki, Yang paling bahaya adalah alamat email Anda yang menjadi konfirmasi semua akun.


Jadi sebelum mengklik sesuatu pastikan alamatnya dengan benar, Oh ya cara ini juga bisa digunakan di Offline biasa untuk membobol atm. Atm dimodifikasi sehingga kartu kita masuk ke lubang yang salah dan data pin kita telah tersave. Kasus ini sering terjadi jika teman-teman sering baca berita.

Waspadalah !